Minggu, 24 April 2016

Digital Lifestyle Upgrade Hidup Lebih Mudah



Pernah beberapa tahun lalu, seorang teman mengingatkanku bahayanya menggunakan internet dan melakukan hubungan pertemanan ataupun networking di dunia maya. Ketakutan akan dampak negatif dari dunia digital, membuatnya aware terhadap perkembangan teknologi dan enggan memanfaatkannya. Bagaimana dengan temans?


Sejujurnya, transformasi gaya hidup digital benar-benar aku memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bahasa kerennya digital lifestyle membuat hidup semakin mudah dan menyenangkan. Segala urusan, bisa dipenuhi dengan sangat cepat dan mudah. Semudah mengklik dengan satu jari. Seakan-akan jari ini ajaib bisa melakukan semuanya dalam waktu yang cepat.




#Mudahnya Mencari dan Mendapatkan Tiket
source: digital life
Dulu, saat mau berpergian keluar kota, mesti ke travel agen atau tour untuk mendapatkan tiket. Harganya terkadang suka melambung saat detik-detik hendak memutuskan untuk berpergian. Sakitnya itu disini, kata penyanyi dangdut. Sekarang, TIDAK LAGI. Gaya hidup digital benar-benar membuatku lebih “gaul” dalam menentukan keputusan. Tiba-tiba, malam-malam di hubungin kantor untuk urusan pekerjaan keluar kota. Tidak lagi, ambil pusing, susahnya mencari tiket. Tinggal ambil smartphone, searching, perbandingan harga dan pesan. Tidak repot bukan? Mudah banget mencari dan mendapatkan tiket apapun, mau tiket pesawat, kereta api, kapal, bioskop, praktisss. Tanpa perlu antri dan menunggu lama serta was-was, ada tidak ya tiket yang masih tersedia.

Note: Pilihlah agency yang memiliki legalitas yang jelas dalam memesan tiket. Sehingga tidak merasa tertipu karena perusahaan fiktif.


#Penuhi Gayahidup dan Kebutuhan di Shopping Online
Aduh, pengen banget ngejus panas-panas begini. Tetapi... mencari blender, harus ke toko atau mall. koq malas banget ya, macetnya itu lho... Tidak kuat. Langsung deh, tangan mengutak-atik ponsel atau laptop. Kemudian searching. Wow, harga diskon! Padahal beberapa waktu lalu teman beli blender dengan merek yang sama harganya lebih mahal. Padahal, belinya di mall atau di toko. Merasa sangat beruntung dan bahagia. Langsung diantar ke rumah dan bayar di rumah.

source: online-grocery-store-in-
Mudah banget kan berbelanja, tidak pakai ribet mencari dan keliling toko atau mall satu per satu hanya membeli segelintir barang. Bahkan harus survey harga. Malah, kalau ke mall nanti bukan barang yang dibutuhkan yang dibeli. Malah barang yang ingin dibeli terlupakan. Pasti, temans juga punya pengalaman seperti ini bukan?


Note: berbelanja adalah hal yang menyenangkan, hanya saja jika yang dibeli satu atau dua item untuk pergi jarak jauh pasti sangat tidak menyenangkan. Dengan adanya shopping online sangat membantu disaat enggan beranjak dari zona nyaman. Sekaligus mengurangi lapar mata, saat berada di mall.

#Lebih Menggunakan Uang Secara Efesien
source: videohive
Bawa uang tunai memang menyenangkan, saat ingin beli sesuatu mudah sekali. Tetapi kenapa saat perhitungan anggaran bulanan. Waduh, besar pasak daripada tiang. Gila, nggak mungkin dong gali lubang tutup lubang. Kalau, aku ogah banget. Kadang menyiasatinya hari ini makan mewah, besok makan sederhana agar pengeluaran balance. Meskipun tidak 100 persen berjalan sempurna, setidaknya bisa meminimalis pengeluaran yang tidak perlu untuk keperluan perut.

Saat ada uang elektronik dalam “kartu ajaib” kehidupanku berjalan dengan baik. Aku benar-benar pandai dalam memanajemen keuanganku. Tipsnya sangat mudah lho temans. Bawa uang tunai dalam pecahan kecil atau sedang. Karena dompet wanita itu banyak kantongnya. Terkadang, aku suka menyelipkan beberapa lembar uang “urgent” yang hanya digunakan untuk keperluan genting. Selebihnya, menggunakan kartu uang elektronik untuk keperluan harian yang dijatah untuk satu minggu. Setelah itu, reload kembali. Alhasil, aku bisa menabung hingga 50 persen dari target yang sudah ditentukan.


source: retail-news.eu1
Contoh: kita sudah bisa menghitung ongkos PP kantor-rumah dalam satu minggu, keperluan jajan di swalayan untuk satu minggu sesuai dengan jatah yang dibuat, uang tunai jika tiba-tiba memutuskan naik taksi atau angkot. Karena keperluan mendesak dan butuh gerak cepat. Jadi, dalam perjalanan pulang, ada cuci gudang di mall dan teman ngajak kesana. Kita benar-benar cuma cuci mata saja, tidak berniat membeli barang yang tidak dibutuhkan. Lha, uangnya pas-pasan. Karena ATM ditinggal di rumah. Koq, kesannya jadi seperti orang susah atau pelit. Tidak, awalnya aku berpikir koq untuk diri sendiri pelit amat. Namun, ada saatnya me time sesuai dengan agenda yang sudah dibuat.


#Belajar Never End
source: insightmediaintl
Banyak sekali tutorial yang bisa didapat di internet. Dengan adanya internet, berbagai ilmu bisa didapat. Dulu, tidak pandai mengedit foto, membuat website, apalagi memahami rumusan html, idih susah banget. Dengan adanya dunia digital, kemudahan belajar tanpa mengeluarkan uang benar-benar nilai plus! Bahkan, pengetahuan akan terus bertambah. Gaya hidup masa kini, harus selalu up to date. Sama seperti kehidupan yang harus selalu meningkat menuju lebih baik.


Alert: banyak sekali kursus online gratis dan berbayar dengan harga terjangkau. Bahkan bisa menyesuaikan jadwal kesibukan kita. Ingin menjadi penulis tetapi tidak memiliki arahan, banyak kursus online dari penulis ternama yang dibuka. Itu salah satu contohnya ya.

#Mengabadikan Kenangan dengan Mudah
Dulu, pada masa kuliah mau mencetak foto harus menunggu satu roll selesai. Baru bisa dicetak. Sekarang di zaman digital, tidak perlu menunggu habis roll film untuk bisa melihat hasil jepretan. Sungguh, seru banget. Kalau bosan di kost, dana lagi minim, asyik deh bermain dengan ponsel dan selfie sendiri atau bersama teman. Hanya sekedar untuk seru-seruan. Kill the time and make life so fun.

Note: Tidak perlu mengedit foto sedemikian catik. Be yourself dan bangga, ini adalah diriku apa adanya. Tidak perlu malu atau minder. Karena mereka yang cantik dengan photoshop yang sungguh menyedihkan. Karena cantik itu menerima dirimu apa adanya.

#Menambah Networking
source: onlinecourses.onlinebloggin
Takut berteman dengan orang luar, karena mengira mereka penipu atau penjahat. Walah, la wong di Indonesia sendiri saja, banyak kasus “penjahat kelamin” mengaku pria ganteng ternyata penipu. Sudah, hidup dalam dunia digital itu mengasyikan. Kita bisa menambah jaringan pertemanan yang menghasilkan hubungan yang baik secara pribadi maupun professional.

Aku sendiri memiliki beberapa teman penpal dari berbagai negara. Hubungan baik yang berjalan dengan baik. Chatting dengan mereka, selain mempertahankan bahasa inggris, juga menambah pengalaman dan pengetahuan yang tidak pernah dibayangkan. Bagaimana tidak, aku sempat memiliki teman yang ahli website, aku diajarkan dan bahkan di buatkan shopping online, website milikku. Sekarang sudah tak kubayar lagi domain dan hostingnya, karena dua tahun belakangan memang tidak terurus.

source: dreamstime_online-dating-facebook-love
Adanya forum-forum digital yang sesuai dengan hobi dan minat. Selain menambah pengetahuan sesuai dengan hobi, jadi memiliki pertemanan yang luas. Bahkan, aku pernah membuatkan baju spesial untuk seorang teman. Karena dia tertarik dengan baju pink yang aku kenakan dan ingin baju seperti milikku.


Note: Lihat peluang dalam networking ke arah positif. Namun, juga mesti hati-hati dengan penipuan yang berkedok cinta. Bukankah kita memiliki indra waspada dan logika yang bisa diasah untuk mengetahui apakah orang itu benaran baik atau tidak.




source: cosmo
Baiklah, digital lifestyle benar-benar membuat hidup menjadi lebih mudah. Kenapa? Karena dengan adanya agenda digital. Tidak ada lagi tuh lupa deadline atau terlambat untuk urusan meeting. Walaupun, sempat dicatat di agenda manual. Tetapi kalau keasyikan bekerja, lupa melihat jam. Dengan adanya digital membuat hidup jadi lebih menyenangkan dan fantastik. Kalau menurut pendapat teman seperti apa? Melihat sisi positif atau negatif? Your mind is your life. My life take it, use it, wise and be fun and happy.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Konten Viral “Digital Lifestyle” supported by Indihome.

Terimakasih telah berkunjung ke blog Citra Pandiangan dan membaca artikel: Digital Lifestyle Uprgade Hidup lebih Mudah”. Tuhan memberkati kita semua dan sukses untuk meraih mimpi.


0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger