Jumat, 10 Februari 2017

Gaya Hidup Urban Tanpa Neuropati


Sekarang ini lagi marak menyuarakan gaya hidup sehat. Yup lifestyle yang salah harus diubah menjadi benar. Sebab, belakangan ini penyakit mulai banyak menghantui kita. Sebenarnya tidak heran, gaya hidup urban atau kota besar lebih cendrung terkena Neuropati. Bahkan, menurut info 3 dari 2 orang lebih rentan terkena penyakit satu ini.

Apakah itu Neuropati? 
Neuropati adalah gangguan fungsi saraf, yang berarti kerusakan saraf. Sebab, saraf yang ada di seluruh tubuh berpotensi mengalami kerusakan akibat penyakit maupun cidera tertentu. Karena itu kita patut mewaspadai gejala umum mengenai Neuropati ini yakni adanya rasa kram dan kesemutan, mati rasa ataupun kaku otot, adanya rasa kebas atau baal, dan yang lebih parah adalah rasa terbakar pada tangan maupun kaki dan juga kehilangan control pada kandung kemih.


Mungkin bagi kita yang awam, agak susah memahami gelaja Neuropati. Hal yang mudah untuk dipahami seperti apabila kita sering mengalami kaki, tangan keram secara mendadak sebelum tidur ataupun saat melakukan aktivitas. Contohnya, jari terasa lemah dan tidak bisa memegang gelas. Ini sudah termasuk gejala Neuropati.

Kenapa demikian? Hal itu tidak lain adalah gaya hidup kita yang secara sadar atau tidak sadar merupakan gaya hidup yang tidak sehat, seperti:


    1. Posisi duduk yang tidak benar. Sebagai pegawai baik kantoran maupun freelance yang mewajibkan kita duduk di depan computer atau meja berlama-lama, tentu kita mencari posisi duduk yang nyaman untuk kita. Nah, posisi duduk yang “nyaman” menurut kita belum tentu baik bagi kesehatan.Terlalu Lama Duduk. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan masalah pada saraf. Sebab kadar gula darah bisa naik dan menghambat aliran darah.
    2. Kurang Tidur seperti begadang bisa mempengaruhi sistem saraf pusat yang mengakibatkan sistem saraf yang melemah. Sebab hormon yang serharusnya beristirhat dipaksa terus bekerja. Sehingga tubuh lebih mudah terserah penyakit yang bisa menyebabkan kelemahan saraf.
    3. Konsumsi Makanan Manis Berlebih bisa menyebabkan kadar gula yang tinggi dan sangat tidak baik bagi saraf. Sebab kadar gula tersebut bisa mencederai serat saraf yang menimbulkan efek nyeri, mati rasa serta gangguan pada pencernaan, pembuluh darah, kemih bahkan jantung.
    4. Aktivitas dengan gerakan berulang seperti Memasak, mengendari kendaraan bermotor, bermain ponsel, menjahit, mengetik dapat merusak sistem saraf. Termasuk penggunaan sepatu tinggi atau high heels.

 Point Gejala Neuropati yakni:

  • Kesemutan, Kram otot dan kedutan
  • Kelemahan otot atau kelumpuhan pada satu atau beberapa otot.
  • Kesulitan mengangkat bagian depan dari kaki, sehingga kesulitan berjalan.
  • Massa otot menurun. 

Penyakit ini biasanya disebabkan kurangnya asupan vitamin B1, B6, B12 dan vitamin D, meskipun banyak faktor lain yang dapat menjadi penyebabnya seperti keturunan, kemoterapi, efek samping obat, maupun adanya trauma pada saraf. Biasanya, gejala awal dari penyakit saraf neuropati diawali dari ujung kaki. Hal ini bisa dikatakan normal karena saraf yang terpanjang terdapat pada bagian tubuh ini, sementara itu semakin panjang saraf, maka resiko mendapatkan penyakit neuropati pun juga meningkat.

Sehingga tidak heran 3 dari 2 orang yang berusia 30 tahun sering mengalami nyeri di bagian tubuh tertentu. Hal itu dikarenakan aktivitas memegang ponsel lebih banyak dibanding melakukan olahraga. Gerakan tangan berpusat pada titik-titik tertentu dan menyebabkan nyeri seperti kram atau nyeri otot akibat terlalu lama mengetik maupun bermain games. Tangan terasa kesemputan dan disekitarnya terasa tegang. Bahkan ujung jari juga bisa kesemutan. Apabila, kita terlalu sering dan kelamaan mengetik di ponsel. Sehingga ujung jari akan terasa kaku dan menebal disertai dengan rasa kesemutan. Apabila kita mendiamkan saja maka bisa  terjadi pembengkakkan atau peradangan otot jari. Akibatnya, bisa terjadi kelumpuhan. Rasa kesemutan itu tidak hanya bisa terjadi pada jari maupun tangan, bisa juga terjadi pada bagian tubuh yang lain yakni pada pungung, telapak kaki terasa kesemutan.



Bagaimana Mencengah Neuropati? Tentu sangat mudah apabila kita benar-benar mau mengubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup yang sehat dan semua di mulai dari:
  • Istirahat yang cukup: Tubuh butuh beristirahat yang cukup yakni tidur 8 jam semalam. Saat berada di depan monitor ada baiknya rehat beberapa menit sebelum mata terasa perih akibat terlalu lama di depan computer. Belum lagi, keram pada bagian kaki dan tangan. Karena terus bekerja.
  • Posisi tubuh yang baik dan benar: Sebagai manusia yang sibuk terkadang kita lupa dengan posisi tubuh yang baik dan benar, baik saat berjalan maupun duduk. Posisi tubuh yang berjalan maupun duduk yang salah bisa menyebabkan neuropati.   

  • Pola hidup sehat dan makan seimbang: Sering tidak sempat memasak dan tidak memiliki banyak waktu untuk membeli makanan sehat. Lebih praktis makan fast food atau junk food. Lebih baik, mulai dikurangi dan kalau bisa dihindari. Makan makanan yang bergizi dan sehat yang baik bagi tubuh dan mencegah terjadinya neuropati. 
  • Olahraga yang cukup dan teratur: Olahraga secara teratur adalah solusi pencegahan neuropati. Berolahraga bisa membuat  kondisi badan kita tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit termasuk neuropati. Selain itu juga ada gerakan olahraga yang dapat mencegah terjadinya neuropati. Khusus yang bekerja sebagai copy writer, jurnalis, writer jangan lupa menyelipkan senam jari juga agar jari tetap sehat.
  • Konsumsi Vitamin: Pilih vitamin Neurobion karena bisa untuk mencegah dan mampu mengobati masalah neuropati. Untuk vitamin Neuropati, Neurobion menyediakan dua pilihan yakni merah dan biru dengan fungsi vitamin sama hanya saja berbeda  jumlah dosis dalam vitamin tersebut sangat mampuni untuk mengatasi persoalan Neuropati.

Perlu di ingat, Neurobion merupakan vitamin untuk mencegah neuropati yang bisa mengganggu aktivitas harianmu. Sebab vitamin neurobion kombinasi vitamin neurotropik (B1, B6, B12) untuk memperbaiki sel saraf tepi, yang diakibatkan  kebas dan kesemutan. Sebab, vitamin ini memang diproduksi khusus untuk pencegahan penyakit saraf.


Neurobion Putih
Neurobion Merah
Vitamin Neurobion putih ini cocok bagi yang sering mengalami kebas dan kesemutan pada tangan, pergelangan tangan dan kaki.


Kombinasi Vitamin ini terdiri dari Vitamin B1 (100 mg), Vitamin B6 (200 mg) dan Vitamin B12 (200 mg) sebagai kombinasi dari Vitamin Neuropatik
Vitamin Neurobion Forte ini cocok bagi  yang mengalami gejala sedang yang sudah mengganggu aktifitas harian akibat kebas dan kesemutan.

Kombinasi vitamin ini terdiri dari Vitamin B1 (100 mg), Vitamin B6 (200 mg) dan Vitamin B12 (5000 mg) yang mana Vitamin B12 memiliki dosis lebih tinggi sehingga cepat meredakan gangguan akibat neuropati

Bagaimanakah Fungsi Kerja Neurobion pada tubuh?
Vitamin neurobion ini bekerja dalam tubuh  untuk menetralkan  sistem kerja saraf. Sehingga gejala neuropati yang ditimbulkan dapat diatasi  segera. Dosis dalam satu tablet atau pil ini aman dikonsumsi secara rutin, karena tidak memiliki  efek samping dan sudah terpercaya. Bahkan, banyak para dokter merekomendasikan vitamin ini sebagai  obat penyakit saraf.

Yuk #LawanNeuropati agar hidup lebih bersemangat tanpa adanya kekuatiran berlebihan akibat serangan Neuropati yang disebabkan gaya hidup urban. Adikku masih berusia 23 tahun, hobinya sejak kecil minum minuman soda. Kami sudah melarangnya, namanya anak remaja, dia suka diam-diam membelinya. Akibatnya, saat ini usia dia baru 23 tahun. Dia sering mengalami keram pada perut, kaki dan terkadang tangan. Hal itu ditunjang dengan prilaku hidup tidak sehat yakni posisi duduk serampangan, yang penting nyaman. Pola makan yang tidak teratur dan lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji. Terutama, sering kali bermain games hingga larut malam baik lewat ponsel maupun laptop. Jarang olahraga, demen bergadang hingga subuh.

Kehidupan tidak sehat ini membuatnya terkena Neuropati. Sungguh kasihan bukan, masih muda sudah terkena penyakit “saraf”. Untunglah, sekarang minum soda sudah dikurangi, biasanya sehari bisa dua hingga tiga botol. Sekarang seminggu satu atau dua kali. Mulai tidur awal walau hanya sesekali dan sudah jarang main games lagi via ponsel ataupun laptop. Tidurnya yang masih amburadul. Maklum anak bujang, dia demen sekali bergadang bersama teman-temannya.

Dengan mengkonsumsi secara rutin Vitamin neurobion, dia sudah tidak lagi merasakan keram. Apalagi sekarang dia sudah mulai melakukan olahraga. Nah, bicara olahraga, aku juga yang berkerja sebagai pekerja lepas dan menekuni hobi di depan laptop yakni mengetik. Membuatku waspada terhadap Neuropati yang bisa menjadi momok menakutkan juka terkena. Karena itu, pentingnya menjaga kesehatan badan, khususnya tangan. Sebab, jika saraf tangan lemas, bagaimana aku bisa bekerja?



Cara mudah untuk mencegah atau #LawanNeuropati dengan melakukan olahraga tangan. Serta mengkonsumsi makanan sehat dan tidak lupa, menjaga posisi badan agar tetap seimbang yakni posisi jalan dan duduk yang benar. Khususnya, ketika sedang duduk di depan monitor computer yang bisa lebih dari 10 jam yakni dengan cara, setiap dua jam rehat sejenak menjauhkan mata dari layar monitor, minum air putih yang banyak, melakukan senam jari singkat dan terlebih lagi mengkonsumsi  Vitamin neurobion untuk mencegah penyakit saraf datang pada diriku yang lebih banyak menghabiskan waktu di layar komputer.

Tetap Sehat dan Bahagia Selalu



Citra Pandiangan


Referensi :
http://sarafsehat.com/
http://sarafsehat.com/lawanneuropati/
http://www.alodokter.com/neuropati


Terimakasih telah berkunjung ke blog Citra Pandiangan dan membaca artikel: Gaya Hidup Urban Tanpa Neuropati”. Tuhan memberkati kita semua dan sukses untuk meraih mimpi.


0 comments:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger