Sabtu, 27 Februari 2016

Perusahaan Semen Padang Terapkan Green Industry




WEGI Gelar Tur ke Pabrik Semen Padang

Standar penerapan industri hijau (green Industry) telah ditetapkan pemerintah dengan tujuan mendorong komitmen perusahaan dalam menerapkan produksi ramah lingkungan. Apalagi dengan kondisi semakin terbatasnya sumber daya alam, krisis energi dan menurunnya daya dukung lingkungan. Karena itulah sangat penting untuk menerapkan industri hijau dalam pelaksanaan untuk menghasilkan produk ramah lingkungan.


Salah satunya adalah industri semen yang turut serta memperhatikan lingkungan. Buktinya saja, industri semen padang ini turut berpartisipasi atau menggandeng WEGI (WE Green Industry) dalam kegiatan wisata Heritage yang akan diselenggarakan bulan depan, lebih tepatnya Maret 2016, dimana ada sekitar 55 peserta se-sumatera akan bertandang ke pabrik semen yang ada di Padang. Padahal, peserta yang mengikutin ini merupakan peserta dari komunitas lingkungan.

Sejak tahun 2009, seluruh dunia sedang menerapkan sistem green industry, termasuk Indonesia. Dengan adanya perubahaan untuk kebaikan bersama, industri semen padang ini terus berupaya memperbaikin diri dan menjadi perusahaan yang green industri. Sebenarnya, aku sendiri juga tidak mengerti apa yang dimaksud dengan green industri itu sendiri.

Rupanya green industry (Industri Hijau) itu mengenai penerapan melalui konsep produksi bersih (cleaner production) melalui aplikasi 4R, yaitu Reduce (pengurangan limbah pada sumbernya), Reuse (penggunaan kembali limbah) dan Recycle (daur ulang limbah), dan Recovery (pemisahan suatu bahan atau energi dari suatu limbah). Untuk lebih mengefektifkan aplikasi penerapan produksi bersih, prinsip Rethink (konsep pemikiran pada awal operasional kegiatan) dapat ditambahkan sehingga menjadi 5R.

Disamping itu, produksi bersih juga melibatkan upaya-upaya untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan baku, bahan penunjang dan energi di seluruh tahapan produksi. Dengan menerapkan konsep produksi bersih, diharapkan sumber daya alam dapat lebih dilindungi dan dimanfaatkan secara berkelanjutan. Secara singkat, produksi bersih memberikan dua keuntungan, pertama efisiensi dalam proses produksi; dan kedua adalah meminimisasi terbentuknya limbah, sehingga dapat melindungi kelestarian lingkungan hidup.

Terus, apa yang sudah dilakukan industri semen, khususnya semen padang? Sehingga masuk dalam katagori green industry. Ini dia, industri semen padang telah menerapkan proyek memanfaatkan limbah gas buang sebagai penghasil listrik, proyek ini dinamakan WHRPG (Waste Heat Recovery Power Generation). Sudah bisa dipastikan proyek ini sangat rumah lingkungan.

Sekilas info: Proyek WHRPG ini menggunakan limbah panas yang dihasilkan dari mesin tanur putar (mesin kiln)  untuk mendapatkan daya listrik. Listrik yang didapatkannya itu digunakan untuk menggerakan kiln itu sendiri. Sehingga kebutuhan listrik untuk mesin kiln itu sendiri berasal dari panas yang dihasilkannya. Karena itu, dengan adanya WHRPG ini bisa memanfaatkan limbah panas. Tanpa adanya WHRPG, maka limbah panas tersebut akan terbuang percuma dan menjadi emisi gas CO2. Apabila limbah terbuang, maka lingkungan akan tercemar cepat atau lambat.


Pabrik semen padang sendiri telah meresmikan proyek WHRPG sejak 2012 lalu. Perusahaan semen padang menggandeng negara Jepang untuk NEDO (New Energy Technology Development). Sehingga, instalasi WHRPG dipasang di Tuban. Keuntungan adanya WHRPG ini diantaranya penghematan energi, pengurangan emisi CO2, dan menciptakan industri ramah lingkungan. Sesuai dengan motto semen padang, “kami telah berbuat sebelum yang lain memikirkannya.” Tidak heran, bila melihat sepak terjang sejarah semen padang ini dalam memproduksi semen untuk Indonesia.


Sejarah Singkat Awal Mula PT Semen Padang hingga Kini

Perusahaan semen Padang didirikan pada tanggal 18 Maret 1910, sebelumnya bernama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM). Ini merupakan pabrik semen pertama di Indonesia. Lalu, Perusahaan ini dinasionalisasi oleh Pemerintah Republik Indonesia dari Pemerintah Belanda pada 5 Juli 1958 silam.

Proses untuk menjadi perusahaan semen raksasa sampai saat ini tidaklah mudah, perusahaan ini sempat terhenti dan bangkit lagi melalui rehabilitasi dan pengembangan kapasitas pabrik Indarung I dan terus melakukan transformasi pengembangan kapasitas pabrik dari teknologi proses basah menjadi proses kering dengan dibangunnya pabrik Indarung II, III, dan IV. Sedangkan di pabrik Indarung V dibangun di tahun 1995 bersamaan dengan pengalihan kepemilikan saham PT Semen Padang ke PT Semen Gresik.  

Apalagi saat ini perusahaan semen padang sedang membangun pabrik indarung VI yang rencananya akan beroperasi tahun ini (2016). Dengan adanya pabrik indarung ke VI ini akan berdampak dalam perkembangan Semen Padang. Selain meningkatkan produksi semen,  Indarung VI juga menyediakan Green Belt Area, melalui penyiapan area di lokasi pabrik melalui kegiatan penanaman pohon pelindung dan saluran pengendali aliran air. Dimana bangunan Central Control Room VI nantinya mengendalikan Green Building antara lain, penggunaan lampu penerangan dan pendingin ruangan yang hemat energi dan penggunaan air yang disirkulasi untuk MCK. Keren, pantas saja, semen padang mengundang para blogger dan komunitas peduli lingkungan untuk melihat secara langsung bahwa pabrik semen Padang telah menerapkan green industry. Keren banget, jarang ada perusahaan, khususnya pabrik yang terbuka untuk umum.

Setelah mengetahui sejarah singkat dari masa ke masa terhadap perkembangan industri semen Padang di
 Indonesia. Ada baiknya juga, apabila kita mengetahui produk atau jenis semen padang dan kegunaannya. Apa saja ya produksi semen padang?

  • Portland Cement Type I: Dipakai untuk keperluan konstruksi umum. 
  • Portland Cement Type II:  Digunakan untuk konstruksi bangunan yang terbuat dari beton massa yang memerlukan ketahanan sulfat lebih tinggi. 
  • Portland Cement Type V: Digunakan untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbah pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan, dan pembangkit tenaga nuklir. 
  • Super Masonry Cement: Digunakan untuk konstruksi perumahan gedung, jalan dan irigasi yang struktur betonnya maksimal K 225 
  • Oil Well Cement: Semen khusus yang lebih tepat digunakan untuk pembuatan sumur minyak bumi dan gas alam dengan konstruksi sumur minyak bawah permukaan laut dan bumi. 
  • Portland Pozzolan Cement: digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang, seperti: jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi dan fondasi pelat penuh.

Keren banget ya industri semen satu ini, selain sudah menerapkan green industry, membuka lapangan pekerjaan, serta memiliki produksi listrik sendiri. Dengan adanya produksi semen di Indonesia, sudah bisa dipastikan pabrik semen ini turut mengembangkan pembangunan yang ada di Indonesia. Dimana dengan adanya pembangunan menandakan Indonesia terus berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga Indonesia.

Selain terus meningkatkan produksi semen Padang, industri semen ini juga turut aktif dalam kegiataan sosial, diantaranya penanaman pohon, membantu korban bencana alam, dan masih banyak lagi kegiatan sosial yang dilakukannya.

Sesuai dengan visi dan misi semen padang yakni:

Visi:
"Menjadi perusahaan persemenan yang andal, unggul dan berwawasan lingkungan di Indonesia bagian barat dan Asia Tenggara.".
            "To become a reliable, leading and environtment friendly cement industry"

Misi:
  • Memproduksi dan memperdagangkan semen serta produk tekait lainnya yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan. 
  • Mengembangkan SDM yang kompeten, profesional dan berintegritas tinggi.
  •  Meningkatkan kemampuan rekayasa dan engineering untuk mengembangkan industri semen nasional. 
  • Memberdayakan, mengembangkan dan mensinergikan sumber daya perusahaan yang berwawasan dan lingkungan. 
  • Meningkatkan nilai perusahaan secara berkelanjutan dan memberikan yang terbaik kepada stakeholder.
“Giving the Best to Build a Better Life”



Semoga saja, tulisanku ini beruntung untuk mendapatkan “Tiket” berkunjung ke Pabrik Semen Padang bersama dengan komunitas WEGI (We Green Industry). Dimana program utama WEGI yakni Wisata Edukasi Green Industry, maksudnya aktivitas mengundang penggiat lingkungan, Sosmed untuk melihat secara langsung bagaimana perusahaan menerapkan produksinya yang ramah lingkungan. Meskipun mengetahui informasi 5 “tiket” gratis ini akan diberikan kepada 5 peserta blogger non Sumatera yang beruntung ini TELAT kuketahui. Aku hanya bisa berharap dapat bergabung dalam wisata Heritage. Pasti akan menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan.

Mau ikutan? Masih ada waktu hingga 29 Februari nanti. Berdoa, mudahan aku termasuk salah satu yang beruntung, kalaupun tidak, Aku juga sudah merasa senang turut berbagi informasi mengenai green industry, karena penerapan industri hijau pada perusahaan besar dan pemanfaatan limbah industri merupakan hal yang luar biasa. Mudahan kedepannya, tidak ada lagi pemberitaan mengenai pencemaran lingkungan akibat perusahaan atau industri besar yang membuang limbah sembarangan. Yuk, turut serta menyebarkan green industry dan menjadikan Indonesia bersih, indah, berkembang dan sukses di mata anak bangsa dan dunia. Sesuai dengan pengertian semen padang itu sendiri, Giving the Best to Build a Better Life.

KANTOR PUSAT:
Indarung Padang 25237, Sumatera Barat
Telp. (0751) 815250;   08126611910 (gsm)
Fax. 0751-815590
Fax. Marketing 0751-815001 www.semenpadang.co.id

KANTOR PERWAKILAN JAKARTA:
Gedung Graha Irama Lantai XI
Jl. Hr. Rasuna Said Blok X-1
Kav. 1 & 2 Jakarta 12950
Tlp. 021-5261272, 5261273, 5261274
Fax. 021-5261414.

Referensi:
http://www.semenpadang.co.id
http://www.kemenperin.go.id/artikel/9369/Green-Industry-Tak-Hanya-Sesaat
http://ardhihiang.blogspot.co.id/2012/01/green-industrysang-primadona-ekonomi.html
http://greenlistingindonesia.com/berita-147-kebijakan-pengembangan-industri-hijau-green-industry-kementerian-perindustrian.html
http://www.cendananews.com/2015/08/wapres-tinjau-pembangunan-indarung-vi.html


Terimakasih telah berkunjung ke blog citra pandiangan dan membaca artikel Perusahaan Semen Padang Terapkan Green Industry. Tuhan memberkati kita semua dan sukses untuk meraih mimpi.

4 comments:

All about All mengatakan...

Mudahan beruntung diriku :)

Beauty Asti1 mengatakan...

go green !! btw itu peserta nya siapa saja mba? blogger kah? aku juga pengen ikuuutt ke padang yaayyy.. mudik.. jalan jalan ke pabrik semen padang

Citra Pandiangan mengatakan...

siapa saja boleh ikut mbak, mbak kan juga termasuk blogger kan? yuk, masih ada waktu mbak, info lombanya lihat disitu aja mbak.... DL 29 februari http://holidayinbintancheapandfun.blogspot.com/2016/02/lomba-menulis-wisata-heritage-green.html

admin mengatakan...

horrey artikel ini menang dan dapat liburan ke Padang tetapi sayang tidak bisa pergi karena kurang memperhatikan tanggal, aku kira tanggal 23 rupanya tanggal 19 maret bertepatan dengan pernikahan saudara

Posting Komentar

 
Powered by Blogger