Sabtu, 18 Juni 2016

Lonceng




Saat mendengar suara lonceng, aku serakan hidupku bersamamu, selamanya.



Apa itu Fiksimini?
Fiksimini berasal dari kata FIKSI (cerita) dan MINI (kecil/pendek) yang berarti cerita pendek. Berbeda dengan Cerpen, Fiksimini adalah sebuah ‘cerita sangat pendek’ dimana alur cerita dan endingnya dikembalikan kepada pembaca untuk mengembangkan khayalan tanpa batas. Penulisan sebuah Fiksimini hanya dibatasi sekitar 140 karakter saja dan hanya memuat unsur judul, sedangkan alur cerita dan hal unik penutup cerita ditentukan oleh khayalan pembaca sendiri.

Dalam fiksimini, khayalan penulis tidak harus sama dengan pembacanya. Artinya setiap pembaca diberi kebebasan untuk mengambil kesimpulan dan mengembangkan khayalan untuk menutup akhir cerita sesuai daya imajinasi masing-masing.

Proses penulisan sebuah Fiksimini memberikan kebebasan penuh bagi penulisnya untuk mengembangkan imajinasi sendiri tanpa batas. Tema atau judul dapat ditafsirkan sesuai khayalan dengan mengutamakan unsur dramatisir, aneh, lucu, nakal dan tentunya liar

Satu hal penting dari penulisan fiksimini adalah pembatasan penggunaan karakter hanya 140 huruf saja. Dengan demikian, pemakaian tata dan gaya bahasa menjadi sangat penting. Gunakanlah kata-kata yang mudah dimengerti dan jangan pernah terfokus pada arti harfiah karena itu haram hukumnya .................

Keunikan dari sebuah Fiksimini adalah kebebasan mengembangkan tema, isu sosial, kritikan, pengalaman dan lain-lain menjadi imajinasi yang dihiasi ide-ide lucu, nakal, sedih, heroik dan lain-lain. Silahkan mencoba sendiri!

Sumber: fiksime

0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger